Deskripsi

Menciptakan dikotomi antara siswa unggul dan siswa dengan prestasi “apa adanya”, sesungguhnya merupakan upaya pembatasan ruang siswa untuk saling mengisi, menyempurnakan dan merfleksikan kekurangan dan kelebihan diri sebagai pembelajar. Siswa berprestasi kemudian menjadi semakin digdaya pada pencapaiannya dengan dihadiahi fasilitas serta layanan pendidikan yang baik dan berkualitas. Sedangkan siswa yang berada pada kuadran tidak berprestasi, secara sistemik akan selalu berada di lingkungan yang sama, sekolah biasa dengan fasilitas yang (sangat) apa adanya

Sumber

Geotimes

Link

https://geotimes.co.id/opini/kompetisi-dan-pendidikan-kita/

Deskripsi

Komunitas literasi umumnya tumbuh dan berkembang karena kecintaan pengelolanya terhadap buku dan keinginan untuk berbagi. Sifat kerelawanan dan belarasa merupakan ciri khas dari gerakan ini, sehingga kemunculan dan perkembangannya tidak banyak dipengaruhi oleh ada tidaknya dukungan dana dari pemerintah.

Sumber

The Conversation

Link

https://theconversation.com/semangat-membaca-di-pelosok-menantang-anggapan-minat-baca-rendah-82023