Deskripsi

Sejarah ilmu masih dibahas dalam perspektif Barat yang berat sebelah. Perspektif yang dominan ketika itu mengatakan bahwa orang-orang Eropa adalah pihak yang aktif memproduksi dan menyebarkan sains, sedangkan masyarakat non-Eropa hanya penerima pasif.

Sumber

The Conversation

Link

https://theconversation.com/bagaimana-perkembangan-ilmu-pengetahuan-pada-masa-penjajahan-melupakan-peran-orang-pribumi-141774

Deskripsi

Sekolah juga perlu berfokus pada pencapaian pendidikan kecakapan hidup antara lain mengenai kesehatan, untuk memberikan pengalaman belajar yang lebih bermakna bagi siswa, tanpa terbebani tuntutan menuntaskan seluruh capaian kurikulum

Sumber

Pusat Penelitian Kependudukan LIPI

Link

https://kependudukan.lipi.go.id/id/berita/53-mencatatcovid19/1018-sekolah

Deskripsi

Normalisasi terhadap kegiatan belajar mengajar di sekolah, patut diakui bukan hal mudah. Konsep kesehatan bukanlah teori yang perlu siswa hafalkan, melainkan dipahami dan diinternalisasikan dalam aktivitas keseharian.

Sumber

Koran Republika

Link

https://www.republika.id/posts/7011/normalisasi-sekolah

Deskripsi

Reading is key to brighter economic and social future

Sumber

Nikei Asian Review

Link

https://asia.nikkei.com/Opinion/Indonesia-must-urgently-tackle-poor-childhood-literacy-levels

Deskripsi

Sekolah memiliki kesempatan membuka ruang pendekatan pembelajaran yang menggali gagasan dari siswa untuk menemukan sesuatu yang baru dengan melibatkan guru sebagai pengarahnya, misalnya, melalui metode belajar exploratory discovery

Sumber

Koran Republika

Link

https://republika.co.id/berita/q3ot70282/bersekolah-kembali-benarkah-siswa-indonesia-senang-sekolah-part1