Deskripsi

Normalisasi terhadap kegiatan belajar mengajar di sekolah, patut diakui bukan hal mudah. Konsep kesehatan bukanlah teori yang perlu siswa hafalkan, melainkan dipahami dan diinternalisasikan dalam aktivitas keseharian.

Sumber

Koran Republika

Link

https://www.republika.id/posts/7011/normalisasi-sekolah

Deskripsi

Sebagai leader, kepala sekolah memikul tanggung jawab terhadap kenyamanan dan ketertiban lingkungan sekolah yang harus dirasakan oleh guru, peserta didik, dan orang tua; serta membangun atmosfir pendidikan yang memastikan peserta didik tetap mendapatkan pembelajaran meski di masa tanggap pandemi.

Sumber

Birokrat Menulis

Link

http://birokratmenulis.org/berharap-banyak-kepada-kepala-sekolah-di-masa-pandemi/

Deskripsi

Sekolah juga perlu berfokus pada pencapaian pendidikan kecakapan hidup antara lain mengenai kesehatan, untuk memberikan pengalaman belajar yang lebih bermakna bagi siswa, tanpa terbebani tuntutan menuntaskan seluruh capaian kurikulum

Sumber

Pusat Penelitian Kependudukan LIPI

Link

https://kependudukan.lipi.go.id/id/berita/53-mencatatcovid19/1018-sekolah

Deskripsi

Masyarakat sering menganggap bahwa undangan dari berbagai aktivitas tersebut hanya berlaku untuk ibu. Masyarakat sejak dulu mengasumsikan bahwa dalam konteks pendidikan, orang tua dimaknai sebagai ibu semata.

Sumber

The Conversation

Link

https://theconversation.com/survei-beban-pendampingan-belajar-anak-selama-pandemi-lebih-banyak-ke-ibu-ketimbang-ayah-143538

Deskripsi

Pasca pengakuan keris Indonesia oleh UNESCO, dunia perkerisan berkembang dengan pesat di hampir seluruh daerah yang memiliki tradisi penggunaan keris. Salah satu terobosan yang menarik dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Sumenep yang mendeklarasikan diri sebagai Kota Keris Indonesia pada tanggal 9 November 2014.

Sumber

Kumparan

Link

https://kumparan.com/pandangan-jogja/opini-quo-vadis-sumenep-sebagai-kota-keris-indonesia-1vukV9kbVqo