Studi Guru Tidak Tetap pada Jenjang Pendidikan Dasar

Guru merupakan garda depan dalam upaya meningkatkan mutu pendidikan di Indonesia. Penelitian terhadap keberadaan guru, profesionalitas, status, kualitas, dan kuantitasnya selalu menjadi bahan diskusi yang menarik di kalangan para praktisi pendidikan, birokrat, maupun para akademisi. Salah satu isu penting mengenai guru di Indonesia ialah keberadaan guru tidak tetap. Buku ini menyajikan analisis terhadap tren perkembangan guru tidak tetap antar-tahun dan antar-provinsi, kemudian juga dikaitkan dengan persentase guru layak mengajar, rasio siswa terhadap guru, rasio rombongan belajar terhadap guru, rasio siswa terhadap guru, rasio guru terhadap sekolah serta pergerakan jumlah lulusan. Di samping itu, peneliti juga melakukan penelusuran informasi dari berbagai stakeholders terkait profil, kebijakan pada level daerah, isu-isu yang berkembang, serta potensi masalah keberadaan guru tidak tetap tersebut secara bottom up. Buku ini diharapkan dapat memberikan informasi yang komprehensif terkait keberadaan guru tidak tetap, sehingga dapat menjadi acuan bagi institusi atau lembaga terkait dalam menentukan kebijakan rekrutmen, pengelolaan, serta pembinaan berkelanjutan bagi guru tidak tetap pada jenjang pendidikan dasar.

Kategori
  • Pendidikan
Tahun Terbit
2020
Tautan Unduh
Unduh
Bagikan

Lengkapi Form Berikut Untuk Mengunduh