Sebagai upaya penyediaan informasi untuk perumusan kebijakan, Pusat Penelitian Kebijakan Pendidikan dan Kebudayaan (Puslitjakdikbud) pada tahun 2019 melakukan penelitian dan pengembangan dengan berbagai topik yang berkaitan dengan akses pendidikan, mutu dan relevansi, maupun tata kelola pendidikan, serta kebudayaan. Untuk menjamin kualitas hasil penelitian yang baik, Puslitjakdikbud melaksanakan seminar internal yang bertujuan mengoptimalkan pemanfaatan hasil-hasil penelitian, pengembangan, dan pemikiran inovatif pendidikan dan kebudayaan sebagai bahan untuk merumuskan rekomendasi kebijakan bagi pengambilan keputusan di bidang pendidikan dan kebudayaan.

Seminar internal ini dilakukan sebagai reviu dan ‘saringan’ awal sebelum proses tahapan penelitian berakhir. Untuk meningkatkan kualitas penelitian yang dilakukan, Puslitjakdikbud selalu berupaya melibatkan pemangku kepentingan dalam beragam diskusi, pertemuan ilmiah, dan juga diseminasi hasil-hasil penelitian. Diskusi dan pertemuan anatara internal peneliti Puslitjakdikbud dan para pemangku kepentingan, bertujuan agar para  seluruh sumber daya manusia yang terlibat dalam kelompok-kelompok penelitian dapat memperoleh informasi, masukan dan perbaikan bagi proses penelitian yang dijalani.  Saran dan masukan dalam penelitian diperlukan dan diharapkan dapat menjadi bahan bagi penyempurnaan penelitian yang sedang dilaksanaan, agar dapat memberikan hasil penelitian yang benar-benar menawarkan solusi terhadap permasalahan yang terjadi pada fenomena sosial bangsa kita. Reviu terhadap temuan sementara penelitian yang tengah dilakukan diharapkan dapat memperkuat argumentasi di dalam kajian, melalui data dan informasi penelitian yang yang lebih ilmiah.

Seminar ini dilaksanakan selama tiga hari di Ruang Sidang Lantai 19 Gedung E Kemendiikbud pada tanggal 30 Oktober dan 5-6 November. Seminar ini bertujuan untuk mempertajam temuan sementara hasil penelitian kebijakan pendidikan dan kebudayaan yang telah dilakukan oleh para peneliti dan perekayasa Puslitjakdikbud, sehingga layak ditampilkan pada seminar hasil penelitian di hadapan eksternal Puslitjakdikbud. Melalui seminar ini, Puslitjakdikbud melakukan seleksi hasil penelitian yang layak untuk disebarluaskan kepada masyarakat umum dan para pemangku kebijakan(IW/DNR).

Seminar Internal ini dibuka langsung oleh Kepala Puslitjakdikbud, yang dalam sambutannya meminta seluruh peneliti dan perekayasa di lingkungan Puslitjakdikbud mampu meningkatkan mutu hasil penelitian yang dilakukan oleh Puslitjakdikbud, dan termotivasi untuk meningkatkan kapasitas diri untuk menghasilkan hasil penelitian yang benar-benar mampu memberikan rekomendasi kebijakan yang solutif bagi permasalahan pendidikan yang ada selama ini.