Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Muhadjir Effendy melantik 136 pejabat baru di lingkungan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan pada hari Rabu 20 Maret 2019 di Plaza Insan Berprestasi, Gedung A, Kemendikbud. Pejabat yang dilantik adalah Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama (eselon II), Pengawas, Administrator dan Pejabat Fungsional.

Pelantikan pejabat baru tersebut merupakan upaya tindak lanjut atas terbitnya Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 9 Tahun 2019 tentang Perubahan atas Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 11 Tahun 2018 tentang Organisasi dan Tata Kerja Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Perubahan nomenklatur terjadi pada beberapa unit utama, salah satunya di Badan Penelitian dan Pengembangan. Di Pusat Penelitian Kebijakan Pendidikan dan Kebudayaan (Puslitjakdikbud) Balitbang, perubahan nomenklatur terjadi pada unit setingkat eselon III. Pada nomenklatur baru, Puslitjakdikbud terdiri atas Bidang Penelitian Pendidikan, Bidang Inovasi dan Penelitian Isu Aktual Strategis, Bidang Penelitian Kebudayaan, Subbagian Tata Usaha, dan Kelompok Jabatan Fungsional.


Perubahan nomenklatur baru tersebut berdampak pada penyesuaian dan pelantikan pejabat yang ada. Dalam kesempatan tersebut, tiga orang pejabat dari Puslitjakdikbud ikut serta dalam pelantikan. Yendri Wirda, dilantik sebagai Kepala Bidang Penelitian Pendidikan yang sebelumnya menjabat Kepala Bidang Penelitian Guru dan Tenaga Kependidikan, Nur Berlian Venus Ali dilantik sebagai Kepala Bidang Inovasi dan Penelitian Aktual Strategis yang sebelumnya menjabat sebagai Kepala Bidang PAUD, Dikdasmen dan Dikmas. Sedangkan Kepala Bidang Penelitian Kebudayaan, hingga saat ini belum terisi karena Kepala Bidang sebelumnya, Yaya Jakaria, dirotasi menjadi Kepala Bagian Fasilitasi Internasional di Biro Perencanaan dan Kerjasama Luar Negeri, Sekretariat Jenderal Kemendikbud. Dalam kesempatan tersebut, juga dilantik para pejabat fungsional di lingkungan Kemendikbud. [IW]

Sumber Foto : Website Kemdikbud dan Dokumentasi pribadi